PENDIDIKAN DAN HANDPHONE

PENDIDIKAN DAN HANDPHONE

Oleh

Herdik Sodikin

 

Pendidikan merupakan sebuah jawaban bagi tantangan dunia global karena pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian utuh, kuat dan bermoral tinggi dan mempunyai kompetensi berbahasa inggris, komputer, wirausaha, dan wawasan kebangsaan. Dalam pembelajarannya pun disupport oleh teknologi informasi berupa media ataupun alat yang membantu terhadap penyebaran informasi. Untuk membentuk peserta didik yang berkepribadian utuh, kuat dan bermoral tinggi, proses pembelajaran tidak bisa dilakukan hanya di kelas saja karena terbatas akan waktu dan tempat.

Alat yang menjadi solusi terhadap keterbatasan waktu dan tempat untuk proses pembelajaran yaitu handphone selain dari teknologi komputer, laptop, lcd, dan flashdish yang sering digunakan dalam pembelajaran. Kecenderungan peserta didik mempunyai handphone yang mempunyai berbagai fasilitas, sebut saja fasilitas 3G yang bisa koneksi internet. Namun, handphone yang mereka miliki tidak semuanya digunakan untuk membantu pembelajaran agar mendapatkan ilmu baru, akan tetapi hanya untuk bergaya dan disebut anak gaul karena mempunyai handphone yang canggih. Kalau saja koneksi internet, peserta didik mencari video porno yang akan meracuni pikirannya dan lahirlah berbagai kasus pemerkosaan yang membunuh masa depannya.

Padahal, alat komunikasi yang bisa dibawa kemana saja karena bentuknya yang kecil dan mudah disimpan kedalam saku celana, baju dan tas, keguanaanya bukan hanya itu saja akan tetapi bisa memudahkan peserta didik untuk mengakses informasi yang dibutuhkan terkait bahan pembelajaran yang ada di sekolah, banyak data yang disediakan. Kita hanya tinggal tulis kata kunci yang ingin kita cari di web search machine seperti google dan yahoo maka muncul data yang kita cari dan datanya pun sampai ribuan dalam berbagai bahasa seperti bahasa indonesia, inggris, prancis, dll. Handphone pun bisa kita gunakan untuk mengetik, mengirim email, chatting, print via bluetooth bahkan berbisnis. Semua itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun saat kita berada di cafe saat makan dan minum, pantai ataupun di gunung saat liburan, lapangan saat bermain futsal dan basket, dan di studio saat kita bermain band dan bernyanyi. Semua ini, harus dibarengi oleh kemampuan kepala sekolah dan para guru di sekolah yang menjadi sosok pemimpin bagi peserta didik sehingga harus menguasai teknologi dan informasi yang terbaru untuk disampaikan dalam proses pembelajaran di kelas maupun online menggunakan internet lewat handphone.

Melihat manfaat handphone yang begitu banyak dan sangat membantu proses pembelajaran bagi peserta didik menjadi manusia yang berkepribadian utuh, kuat dan bermoral tinggi dan mempunyai kompetensi berbahasa inggris, komputer, wirausaha, dan wawasan kebangsaan, serta teknologi komunikasi khususnya handphone pada saat ini tidak terlalu digunakan secara tepat. Maka penulis berharap, para kepala sekolah dan guru sebaiknya lebih mensosialisasikan kepada para peserta didik kegunaan fasilitas handphone dalam proses pembelajaran, ditambah lebih meningkatkan pembelajaran e-learning sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk menggunakan fasilitas handphone dengan sebaik-baiknya. Sehingga handphone benar-benar dirasakan sebuah alat yang mempermudah pekerjaan baik bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Tentang ilmucerdaspendidikan

Saya merupakan seorang anak yang terlahir dari keluarga hebat pada tanggal 10 Juni 1989 di Tasikmalaya. Dan berjuang menjadi seorang pemimpin, pekerja keras, manajer yang sukses demi membahagiakan keluarga dan kerabat dekat khususnya "IBU". Kekurangan saya yaitu suka menunda permasalahan untuk dipecahkan dan terkadang malas.he. Cita-cita saya menjadi mahasiswa berprestasi, mendapatkan beasiswa sampai sarjana, kerja di perusahaan Internasional di bagian pendidikan, melanjutkan S2, menjadi Dosen serta konsultan Pendidikan, lanjut S3 dan Dosen Berprestasi, sehingga Bisa Menjadi Professor dan Direktur Kampus Daerah Tasikmalaya.
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

2 Balasan ke PENDIDIKAN DAN HANDPHONE

  1. Khusnul Huda berkata:

    verry nice blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s